1. Himbauan Informasi Peringatan Dini dan Mitigasi Non Struktural Kepada Masyarakat Terhadap Cuaca Ekstrim Kering Pada Musim Kemarau Yang berpotensi Terjadinya Bahaya Kebakaran Hutan, Lahan, Dan Permukiman.
  2. Melakukan Pemantauan Wilayah Resiko Rawan Bencana Rawan Kebakaran Saat Musim Kemarau Di Wilayah Hutan Lindung, Hutan Produksi, Perkebunan, Perumahan dan Lingkungan Masyarakat.
  3. Untuk Menghindari Resiko Bencana Kebakaran di Harapkan Saudara Melakukan Himbauan Informasi dan Peringatan Dini Secara Rutin, Intensif dan Terpadu Kepada Masyarakat Untuk Tidak Melakukan Kegiatan Pembakaran di Kawasan Hutan/Perkebunan Membakar Sampah, dan tidak Membuang Puntung Rokok di Tempat Yang Berisiko Bencana Kebakaran.
  4. Untuk Mengantisipasi Bencana dan Bahaya Kebakaran di Harapkan Saudara Menyampaikan kepada Masyarakat Sebagai berikut:
    • Pastikan bahwa kompor dan lain sebagainya tidak menyala pada saat meninggalkan rumah dan pada saat tidur/istirahat.
    • Tempatkan lilin/lampu minyak dan obat nyamuk pada tempat yang aman.
    • Lakukan perbaikan/ganti instalasi listrik yang tidak layak pakai untuk menghindari korsleting listrik/arus pendek.
    • Siapkan alat pemadam api ringan (APAR) di gedung perkantoran dan pemukiman dan fasilitas pemadam kebakaran darurat seperti bak air, ember, karung goni, dan lain lain yang dapat digunakan ketika terjadi kebakaran.
    • Nomor telepon darurat yang dapat dihubungi saat terjadi kebakaran:
      -085299964440 (kecamatan Duampanua)
      -085299963332 (kecamatan Mattiro bulu)
      -085240604500 (kecamatan Watang Sawitto)
  5. Mengaktifkan Posko Pemantauan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran di Wilayah Masing masing Tingkat Kecamatan/Desa dan Lurah, Dusun/Lingkungan, RT dan RW.
  6. Melaporkan kepada Bapak Bupati, Sekda BPBD dan SKPD terkait setiap Kejadian di bawa wilayahnya di setiap saat.
Skip to content